Mudah! Inilah Cara Pindah dari Haji Reguler ke Haji Plus

Mudah! Inilah Cara Pindah dari Haji Reguler ke Haji Plus

2.4/5 - (153 votes)

Antrian haji reguler yang semakin panjang membuat sebagian orang mencari cara pindah dari haji reguler ke haji plus. Alasannya sudah pasti agar cepat bisa berangkat walaupun harus menambah biaya ke layanan haji plus.

Banyak calon jamaah yang tidak bisa menunggu antrian haji reguler dengan berbagai alasan seperti usia dan kesehatan. Maka, pindah ke haji plus menjadi jalan keluarnya. Lalu bagaimana cara pindahnya? Simak penjelasan berikut ini.

Cara Pindah dari Haji Reguler ke Haji Plus dan Perbedaannya

Masa tunggu keberangkatan haji reguler sudah sangat panjang sekitar 15 tahun, bahkan beberapa daerah harus menunggu hingga 25 – 30 tahun. Hal ini pasti kurang cocok untuk calon jamaah yang sudah tua dan tubuh sudah lemah.

Bagi Anda yang memiliki biaya lebih tidak ada salahnya mendaftarkan anak sejak balita mengingat antrian haji reguler yang begitu panjang. Sehingga anak bisa menunaikan ibadah haji pada saat usia masih muda.

Namun, bagi calon jamaah yang sudah berusai lanjut atau kesehatan yang mulai terganggu, solusinya adalah melakukan pindah dari haji reguler ke haji plus. Hal ini untuk menghindari antrian haji yang lama.

Tentu saja, haji plus membutuhkan biaya yang lebih besar dibanding haji reguler. Namun, hal ini sebanding dengan waktu antrian yang jauh berbeda. Masa tunggu haji plus sekitar 5 – 7 tahun.

Perbedaan Haji Reguler dan Haji Plus

Haji plus banyak disukai terutama bagi calon jamaah yang sudah ingin segera menunaikan ibadah haji. Ada banyak perbedaan antara haji reguler dan haji plus, mulai dari fasilitas hingga pelayanannya. Berikut perbedaannya:

Cara Pindah dari Haji Reguler ke Haji Plus
  1. Haji reguler diselenggarakan oleh pemerintah. Haji plus diselenggarakan oleh PIHK (Penyelenggara Ibadah Haji Khusus) atau pihak swasta.
  2. Biaya haji plus daripada biaya haji reguler.
  3. Fasilitas yang diberikan pada haji plus lebih bagus dibanding haji reguler.
  4. Masa tunggu keberangkatan haji plus lebih cepat hanya sekitar 5 – 7 tahun dibanding haji reguler.
  5. Haji plus berada di tanah suci selama 25 hari, sedangkan untuk haji reguler berada di tanah suci selama 40 hari.

Cara Pindah dari Haji Reguler ke Haji Plus

Proses perpindahan dari haji reguler ke haji plus diperbolehkan dengan syarat harus mendapatkan izin dari Kementerian Agama setempat. Cara perpindahannya tidak susah meski harus melakukan beberapa tahapan.

Untuk prosedur pindah ke haji plus sama dengan mendaftar dari awal kepada kantor wilayah Kemenag, lalu memilih PIHK dan membatalkan nomor porsi haji reguler yang sudah dimiliki. Berikut tahapan untuk peralihan dari haji reguler ke haji plus:

  1. Mendaftar kembali haji baru ke Kementerian Agama hingga SPPH (Surat Permohonan Pergi Haji).
  2. Kemudian melakukan penyetoran biaya haji plus ke bank yang sudah ditetapkan hingga mendapatkan nomor kuota.
  3. Setelahnya, memilih PIHK yang terpercaya untuk memastikan pendaftaran benar-benar diproses dan pasti berangkat.
  4. Terakhir melakukan pembatalan pendaftaran haji reguler setelah mendapatkan porsi haji plus. Selain itu juga mendapatkan pengembalian dana.

Diharapkan pada calon jamaah ibadah haji yang pindah ke haji plus, jangan membatalkan terlebih dahulu haji reguler sebelum proses pindah selesai dan mendapatkan nomor porsi serta kepastian keberangkatan.

Saat memilih PIHK, pilihlah PIHK yang benar-benar terpercaya dan memiliki izin dari Kementerian Agama. Hal ini untuk memastikan bahwa pendaftaran Anda benar-benar diproses dan pasti akan berangkat ke tanah suci.

Haji Reguler dan Haji Plus Ternyaman

Bagi Anda yang ingin pindah ke haji plus dan mencari jasa travel yang terpercaya, bisa menggunakan agen perjalanan Persada Indonesia. Jasa travel ini menyediakan paket haji plus dengan masa tunggu paling lama 7 tahun.

Persada Indonesia adalah agen perjalanan haji plus, umrah, dan halal tour yang menawarkan fasilitas ibadah dengan kualitas terbaik. Pelayanannya sudah terintegrasi secara digital dan selalu berinovasi.

Jadi, cara pindah dari haji reguler ke haji plus yaitu mendaftar dua kali dan membatalkan pendaftaran haji reguler setelah pendaftaran baru diterima. Rencanakan perjalanan haji plus Anda bersama Persada Indonesia yang terpercaya.